Baca: Kejadian 22: 1-19| Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 20-22, Matius 7



 

Oleh keturunanMu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku – Kejadian 22: 18

Taat kepada Allah bukan hal yang mudah. Justru, mungkin salah satu hal yang paling sulit untuk kita lakukan. Abraham mengetahui ketaatan adalah hal yang sulit. Ketika pertama kali Firman Tuhan datang kepada Abraham dan Sara untuk pergi meninggalkan negeri mereka yang menjadi tempat kediaman mereka pada waktu itu. Mereka sama sekali tidak mengetahui ke mana petualangan rohani, keteguhan hati, dan ketaatan mereka kepada Tuhan akan membawa mereka. Mereka hanya tahu bahwa mereka harus mendengar petunjuk dari Allah dan mengikutinya, dan Allah akan menuntun mereka ke langkah berikutnya. Walaupun mereka sudah diberikan tujuan yang jelas, kesulitan dan kekecewaan tetap masih tetap mewarnai hidup mereka. Pada saat Allah memerintahkannya untuk mengorbankan Ishak, ia tidak dapat membayangkan mengapa Allah meminta hal itu. Tetapi ia tahu pentingnya melakukan perintah Allah. Ternyata Allah telah merencanakan untuk menghindarkan dan menyelamatkan Ishak. Dalam perjalanan hidupnya, Abraham juga membuat keputusan – keputusan yang salah-walaupun dia hidup dekat dengan Tuhan. Penantian penggenapan janji Tuhan seperti tidak ada akhirnya. Dalam perjalanan mereka menuju tanah perjanjian, tentu ada saat di mana mereka berpikir mengapa mereka harus pergi jauh meninggalkan rumah mereka. Bukankan berada di antara keluarga pasti lebih aman, nyaman, menguntungkan dan segala sesuatunya lebih bisa diperkirakan?

Mungkin saja.

Tetapi dengan melakukan langkah iman, mereka menjadi pembuka jalan untuk bangsa yang baru, pengenalan baru tentang Allah dan kuasa-Nya. Allah tidak mengatakan kepada mereka bahwa hidup mereka akan menjadi mudah. Tetapi yang dikatakan-Nya adalah hidup mereka akan menjadi baik dan tangan Tuhan akan memberkati hidup mereka.

UNTUK DI RENUNGKAN: Bagi kita, seperti juga bagi Abraham dan Sara, perjalanan yang aman dan pasti adalah suatu kenyataan. Memang ada sebagian orang yang dipanggil untuk menikmati lebih dari sekadar keamanan. Kita mungkin tidak menyadari ada suatu petualangan yang menanti kita. Mungkin saja memerlukan waktu seumur hidup kita untuk melihat apa yang Allah sedang kerjakan dalam hidup kita. Tetapi apabila Allah meminta kita untuk melangkah dengan iman, lakukanlah. Saat ini mungkin saja tidak terlalu banyak tantangan yang kita hadapi, namun jalan hidup kita masih panjang.

Tuhan, tolong aku untuk mendengar dan taat kepada-Mu. Aku tidak selalu mengerti mengapa Engkau memintaku untuk melakukan suatu hal, tetapi beri aku keteguhan hati dan iman untuk tetap taat.