Baca: Kejadian 24: 11-22| Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 23-24, Matius 8



 

Jawabnya: “Minumlah, tuan,” maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum – Kejadian 24: 18

Apakah Anda pernah bertemu dengan seseorang yang menarik yang mencoba untuk membuat orang lain terkesan dengan apa yang dikenakan? Yesaya mengetahui sekolompok perempuan seperti ini. Mereka berpakaian paling baik di Yerusalem. Mereka bangga akan diri mereka-terkesan oleh keindahan penampilan mereka sendiri. Perhiasan, dompet, dan pakaian mereka yang indah lebih penting bagi mereka daripada apa pun yang lain. Mereka menilai penampilan pribadi mereka lebih penting daripada persekutuan mereka dengan Allah (Lih. Yesaya 3: 16 – 26).

UNTUK DI RENUNGKAN: Menurut ukuran manusia, pada zaman Daud. Daud bukanlah orang yang gagah. Sebenarnya ia bukan seorang pemuda! Ia masih anak – anak pada waktu itu. Tetapi Tuhan lebih memilih apa yang di dalam diri Daud. Allah melihat hati Daud, hal yang paling penting bagi-Nya.

Tidak ada salahnya untuk memperhatikan penampilan Anda, tetapi penampilan bukanlah hal yang terpenting dalam menjalin sebuah hubungan. Yang lebih penting dari penampilan adalah mengenal dan mengasihi Allah.

 

Kisah mengenai Ribka yang dipinang bagi Ishak, bagaimana Abraham mengutus hambanya mencarikan seorang istri bagi anaknya, Ishak. Abraham membuat hambanya bersumpah untuk mencarikan istri bukan dari bangsa yang membenci Allah, tetapi orang yang berasal dari negeri dan keturunan yang sama. Abraham menginginkan anaknya memiliki istri yang mengasihi Allah.

Tuhan, tolonglah ketika aku melihat seseorang jauh melebihi penampilan luar dan melihat hati seseorang, maka aku melihat seperti Allah melihat. Apa yang ada di dalam selalu lebih penting daripada yang di luar. Memandang manusia seperti Allah memandang…melihat hatinya.