Ibadah Kebaktian Gereja Kristen Tritunggal
Minggu, 10 Desember 2017
Tema: KETIKA BERTEMU YESUS
Nats Kotbah: Matius 2:1-12; Lukas 19:8-9
Pengkotbah: Pdt. Putut Riyadi

Kedatangan Yesus (Natal) mendatangkan sukacita besar bagi umat manusia. Tuhan hadir untuk membebaskan kita dari belenggu dosa. Satu saat kita semua akan bertemu dengan Yesus secara pribadi. Orang Majus ~> sikap hati penyembahan saat bertemu dengan Tuhan.
Perempuan Samaria ~> Yesus berkata bertemu Allah: menyembah dalam roh & kebenaran.

Beribadah adalah awal perjumpaan kita dengan Tuhan. Kita mengalami anugrah dan kasih Tuhan. Seringkali jemaat merasa dirinya adalah penonton dalam suatu ibadah, sedangkan pemainnya adalah para pelayan-pelayan mimbar. Dalam ibadah, jemaat bukan penonton. Kita adalah pemainnya, harus berperan di dalamnya. Penontonnya adalah Tuhan, Dia melihat bagaimana sikap kita dalam beribadah.

Natal mengembalikan nilai esensi kita dalam penyembahan kita kepada Tuhan. Orang Majus ketika mau bertemu Yesus butuh kerja keras dan keteguhan hati (karena perjalanan yang jauh & sulit). Untuk bertemu Tuhan (beribadah) butuh keteguhan hati. Apakah kita memiliki keteguhan hati seperti itu? Keteguhan hati: daya tahan tubuh, iman yang tidak tegoyahkan, kesungguhan motivasi hati utk menyembah Tuhan. Kesungguhan hati orang-orang Majus bertentangan dengan sikap Raja Herodes ketika mendengar kabar kelahiran Yesus. Herodes datang bukan untuk menyembah Tuhan, tapi untuk membunuh Tuhan.

Mungkin dalam hidup kita pernah seperti Raja Herodes, seolah-olah ingin datang menyembah Tuhan, tapi bagaimana dengan sikap hati kita? Adakah kesungguhan dalam hati kita? Menyembah Tuhan harus menurut apa yang Tuhan kehendaki, bukan menurut apa kehendak kita. Tuhan tahu motivasi kita dalam menyembah Dia. Datanglah dengan kesungguhan hati, motivasi yang benar hanya untuk menyembah Dia. Berapa banyak kita mendengar/membaca firman Tuhan, apakah kita sudah menjadi pelaku firman Tuhan? Banyak yang tau tapi tidak mempraktekkannya.

Berapa banyak kita membawa anak-anak kita mengenal Tuhan. Ketika bertemu Yesus, org Majus bersukacita, menyembah, mempersembahkan.

 

Amsal 15:13 ~> sukacita dlm bertemu Tuhan.
Keteguhan hati, kesungguhan motivasi & membawa perubahan nyata dlm hidup kita ~> sikap ibadah kpd Tuhan.

Khotbah ini diringkas oleh Afa Liong